Rabu, Maret 18, 2009

Agrowisata Kusuma Batu

Perjalanan traveling kami minggu ini kami lakukan ke Agrowisata Kusuma Batu. Selain sudah terkenal di Malang Raya dan sekitarnya karena keunikannya juga karena belum sekalipun kami kesana. Kebetulan temenku Rio dan keluarganya mengajak kami kesana dengan naik sedannya.  

Kami berangkat sekitar pukul 11. 00 siang pas panas menyengat dengan teriknya di Malang Raya dan sekitarnya. Perjalanan dari Malang ke Batu kami lalui kurang lebih selama setengah jam. Setelah sampai di pertigaan Pasar Batu mobil berbelok ke kanan dan menaiki tanjakan lalu mobil berbelok ke kiri dan sekali lagi berbelok ke kanan menuju gerbang Agrowisata Kusuma. 

Sebetulnya Agrowisata Batu terdiri dari hotel, cottage (rumah vila kecil yang dibuat berkelompok), restoran dan kebun buah. Pertama kali tiba kita akan disambut dengan Hotel Agrowisata Batu yang menonjolkan arsitektur perkebunan tanpa kehilangan sentuhan modernisasi. Mobilpun meluncur ke lokasi restoran, walaupun tidak ada tujuan kami untuk makan minum menurut Rio ini tempat paling aman dan nyaman untuk parkir mobil. 

Beberapa meter dari tempat parkir terdapat tempat bermain anak anak dilengkapi dengan mainan anak-anak dan tentu saja patung-patung hewan besar seperti dino, gajah dan jerapah. Selanjutnya di sebelah kanan jalan terdapat persewaan kuda tunggang yang bisa disewa untuk sekedar berkeliling ke areal wisata bila kita capek berjalan kaki. Ada kuda poni juga disini lho.

Memasuki gerbang pintu masuk kita akan dihadapkan pada berbagai pilihan wisata. Pertama ada paket bermain softgun, kemudian ada areal menembak. Dan yang paling utama dan paling dicari wisatawan adalah wisata kebun yaitu petik buah. 

Pihak penyelenggara wisata memberikan berbagai paket pilihan wisata. Mulai dari paket wisata petik jambu, petik apel sampai petik strawberry. Tentu saja masing-masing paket memiliki harga dan tawaran khusus. Paket ini disatukan dengan pilihan menu makan siang. Paket berkisar dari Rp26.000,00 sampai Rp 45.000,00 per paketnya. Akhirnya kami memilih paket wisata petik apel, jambu lengkap dengan makan siangnya.

Setelah membeli tiket kami diberikan softdrink berupa jus apel dalam kemasan kecil. Selanjutnya masing-masing rombongan dapat memilih guide wisatanya masing-masing. Selain itu mereka yang capek berjalan kaki dapat meminta naik mobil. Tapi kami memilih jalan kaki karena esensi wisata agro akan lebih dapat dinikmati sambil berjalan kaki dan menikmati pemandangan yang ada. 

Selepas dari pintu tiket mulai berjejer berbagai wahana wisata. Wahana wisata pertama yang dapat kita temui adalah arena latihan menembak kemudian sebelahnya adalah arena bermain anak dimana terdapat sepurmini khusus untuk anak-anak. Selanjutnya kita dapat menjumpai kebun bunga yang menjual berbagai macam bunga khas malang baik yang lagi ngetren seperti adenium, aglonema maupun bunga biasa seperti mawar melati dan lain sebagainya.

Setelah itu kita akan menjumpai restoran, dimana wisatawan yang sudah capek dan laper abis muter- muter dapat mampir dan mengisis perut disini. Walapun perjalanan ke kebun buah agak jauh tetapi tidak akan terasa karena disamping pemandangan yang indah, di setiap pinggir jalan menuju kebun buah terdapat berbagai macam wahana dan kandang berbagai macam unggas seperti ayam bangkok, ayam kate, ayam kanada, buaya dan sebagainya.

Tiba di kebun buah setiap wisatawan akan dilepas untuk memetik buah sesuai paket yang dibeli. Mereka yang membeli paket buah apel akan menyerbu pohon-pohon apel yang siap dipetik. Sayangnya setiap orang hanya boleh memetik 2 buah apel dan tidak boleh dimakan di kebun itupun dengan areal yang terbatas dan pengawasan ketat para guide. Demikian pula dengan kebun yang lain seperti kebun jambu biji dan strawberry. Padahal dari cerita yang pernah kami dengar dulu setiap orang bebas memetik apel dari pohonnya dan makan di kebun. 

Akhirnya dengan sembunyi-sembunyi banyak wisatawan yang memetik buah lebih dari 2 dan makan sembunyi-sembunyi di dalam kebun. Walaupun diakui bahwa buah apel yang dipetik sangat manis namun apelnya sudah kecil-kecil dan banyak yang jatuh dari pohonnya.

Selepas memetik buah apel dan jambu para wisatawan kembali ke restoran untuk makan siang. Makan siang ini termasuk dalam paket yang kami pilih. Dari hasil investigasi ternyata nyonya-nyonya memilih menu lalapan ayam dan nasi goreng. Lumayan juga masakan disini atau memang kami yang sudah terlalu lapar sehingga setiap masakan terasa enak. Pas menikmati santap siang kita bisa bernyanyi atau mendengarkan lagu-lagu hits dari organ tunggal yang disediakan penyelenggara.

Setelah kenyang perjalanan kami lanjutkan ke kebun bunga. Terdapat bunga2 bonsai dengan harga 50-ribuan dan ada juga biji-bijian bunga yang ditawarkan dengan harga 35rb satu renteng terdiri dari berbagai macam bunga. Kami membeli 2 macam bunga dengan harga 20rban. Buat oleh-oleh pulang minimal ada kenang-kenangan dari sini pikirku.
 
Akhirnya kembalilah kami ke tempat parkir dan cukup puas menikmati wisata agro ini. dengan dikomandani nyonya-nyonya pembelanja, perjalananpun dilanjutkan ke MOG. The next travelling.......kmana lagi ya? 
Riverside, 18 Maret 2009 20.35 PM.


Tidak ada komentar: