Rabu, Mei 06, 2009

Solusi Jangka Panjang Meredakan Stress

Kita semua pernah mencoba menghilangkan ketegangan dan stress dengan cara yang instant. Mulai dari makan cokelat atau ngemil makanan kesukaan, menelepon teman atan shopping di mall. Taktik ini memang bisa menghilangkan stress, tetapi hasilnya bukan untuk jangka panjang. Sebentar kemudian kita akan stress lagi dan memulai pola tersebut dari awal. Karena stress memiliki pola, maka stress tidak dapat dicegah atau dihilangkan tanpa merubah behaviour kita. berikut beberapa tips untuk mencegah timbulnya stress pada diri anda. 
Akui memang ada masalah 
Mengakui bahwa anda sedang tertekan atau tegang adalah langkah awal untuk melepaskan. Jika anda terbiasa memendam segala sesuatu, kemungkinan anda harus belajar cara mengungkapkan kebutuhan-kebutuhan anda. Latihan berkata “tidak” bisa membantu.

Pura-pura tertawa 
Stress dapat melenyapkan selera humor. Juga menjebak anda dalam siklus pikiran negatif sehingga menyita ruang untuk tersenyum apalagi tertawa. Banyak penelitian menunjukan bahwa tertawa menurunkan kadar cortisol (hormon stress) dan meningkatkan serotonin (hormon rasa senang). Kadang memang sulit menemukan humor dalam situasi tertentu. Tetapi perubahan positif dalam tubuh ketika tertawa bisa didapat dengan memalsukannya. jadi berpura-puralah tertawa walau teman anda memberikan lelucon yang tidak lucu.
Buat peta atau pola stress 
Mencari solusi jangka panjang untuk stress akan sulit jika anda tidak tahu apa penyebabnya. Buat catatan harian selama sebulan. Cobalah untuk konsisten dalam menulis, apalagi pada saat anda stress. Catat pula bagaimana perasaan anda dan bagaimana anda menghadapinya.
Catatan harian ini adalah peta stress anda. Baca dan temukan pemicunya. Peta ini juga akan menunjukan bagaimana anda bereaksi terhadap stress anda dan apakah pendekatan anda berhasil. Jika iya, cobalah cara tersebut lagi.
Hati-hati!! Anda bisa saja malu atau bahkan menertawakan diri anda sendiri (secara positif) saat anda membaca catatan harian tersebut.
Ngemil makanan super 
Jika anda lari ke kopi atau kue-kue ketika stress, maka anda hanya mengundang perasaan galisah yang sebenarnya ingin anda atasi.
Cobalah sayuran daun hijau, brokoli, jeruk, pisang dan buah-buahan lain yang mengandung folic ac id . Dapatkan pula vitamin B dalam tuna, salmon dan telur. Folic ac id dan vitamin B dapat membantu mempercepat produksi hormon serotonin.
Lihat situasi seperti apa adanya 
Anda akan kaget sendiri, ternyata stress anda banyak yang berasal dari cara anda menerjemahkan apa yang terjadi, bukan dari peristiwa dan situasi itu sendiri. Kurangi kecemasan anda dengan merubah cara anda memandang sesuatu.
Dari pada membandingkan hari buruk dengan hari baik, bandingkan saat-saat paling sulit dalam hidup anda. Cara ini akan membantu anda menghargai apa yang anda miliki.

Pilih damai 
Ketika stress, tubuh melepaskan hormon stress yang membuat kita t idak dapat rileks. Meditasi dapat membantu anda memutus lingkaran ini.orang yang bermeditasi secara teratur menghasilkan lebih sedikit hormon stress.
Duduklah dengan mata terpejam. Kedua tangan diletakan diatas paha. Tarik nafas lewat hidung. Hembuskan dan bayangkan anda melepaskan semua ketegangan yang ada dalam tubuh anda. Sambil menghembuskan nafas anda dapat mengulang doa atau harapan positif yang anda sukai. Lakukan selama 10 menit dan rileks dalam beberapa menit.

Temukan tujuan 
Salah satu kunci mendapatkan kebahagian untuk mencegah stress adalah percaya bahwa hidup anda memiliki makna yang lebih dalam. Terdapat kata goal dan purpose. Pengertian goal lebih bersifat materialistik dan manfaat itu sendiri. Purpose biasanya berkaitan dengan kebaikan yang lebih tinggi.
Mulai pikirkan bagaimana anda dapat berkontribusi pada keluarga atau masyarakat dalam cara yang t id ak mendatangkan keuntungan langsung pada diri anda. Cobalah ikut dalam kegiatan sosial, mungkin dengan mengumpulkan sesuatu dan menyumbangkannya kepada yang membutuhkan. Cara ini dapat memberi makna kepada hidup anda dan memberikan sudut pandang lain pada hal yang merisaukan anda.

Berani bermimpi 
Memikirkan perubahan dapat menyebabkan stress karena membuat kita harus berhadapan dengan sesuatu yang tidak pasti atau tidak kita ketahui. Menghindari tantangan juga memberikan efek negatif yang sama.
Percaya pada kemampuan anda untuk merubah hidup menjadi lebih baik. Berpikir diluar kotak. Cari kualifikasi ekstra untuk lebih maju. Jika anda tidak mengambil resiko, maka anda akan terjebak dalam lingkaran menyalahkan diri sendiri dan gaya h idup yang membuat anda stress.
Tumbuhkan rasa percaya diri 
Survei di amerika menemukan hubangan antara kepercayaan diri yang rendah dan stress yang lebih besar. Jadi tingkatkan tasa percaya diri anda dan anda akan bisa menghadapi stress secara lebih baik.
Buat daftar kelabihan dan prestasi anda. Letakan pada lemari pendingin atau bagian atas laci meja anda. Saat menghadapi situasi sulit, daftar ini bisa mengingatkan anda tentang hal-hal hebat yang pernah anda lakukan. Jika anda membiasakan diri berkata pada diri sendiri, betapa cerdas dan capable – nya anda, maka anda akan lebih percaya diri. Cara ini dapat membangun kepercayaan diri bahkan ketika anda menghadapi kritikan dan ketika dianggap remeh atau dilecehkan.

Jangan mencekik diri sendiri 
Bandingkan catatan harian anda dengan jadwal anda selama seminggu. Apa yang membuat anda stress minggu lalu? Apa yang membuat anda bahagia minggu ini?
Jangan membebani diri anda dengan tugas yang membuat anda merasa terjepit. Berusahalah untuk mendelegasikan tugas tersebut.

Sumber : Milis

Tidak ada komentar: