Rabu, Mei 13, 2009

Selecta Overview



Selecta merupakan salah satu tempat tujuan wisata utama Kota Malang. Kalo anda pernah ke Malang tapi belum ke Selecta maka seperti anda ke Jakarta tapi belum melihat Monas. Sebetulnya Selecta sendiri terletak di Kota Batu, kira kira sekitar 30km dari kota Malang atau satu jam perjalanan dari kota Malang.

Dilihat dari sejarahnya Selecta merupakan tempat peristirahatan dari zaman dulu. Hal ini dapat kita lihat dari adanya hotel dan bungalow serta vila-vila di sekitarnya. Udaranya yang sejuk serta pemandanganya yang indah sangat mendukung hal tersebut.

Dari alun alun kota Batu arah perjalanan akan menuju ke Hotel Selecta. Di pintu masuk kita akan dicegat oleh penjaga karcis untuk membayar karcis masuk. Setiap orang akan ditarik biaya Rp. 10.000,- per orang dan karcis motor atau mobil. Dari situ kita akan melewati Hotel Selecta yang artistik dan bersejarah. Dan memasuki tempat wisata kita akan dicek lagi apakah sudah mempunyai karcis tanda masuk atau belum. Setelah memasuki areal parkir, kita akan dihadapkan pada akuarium dari kaca memanjang yang berisi berbagai jenis ikan mas yang besar-besar. Ikan berwarna-warni tersebut sangat menarik apalagi jika kita memberinya makan.

Disamping akuarium dan kolam ikan terdapat 3 restoran besar yang menawarkan berbagai makanan setempat. Tepat ditengah-tengah ketiga restoran terdapat kolam renang besar yang beair dingin. namun jika anada sehabis berenang dan kedinginan bisa mandi air panas tentu saja dengan menambah biaya. O ya, di kolam renang tersebut terdapat papan luncur yang tinggi. Selain itu terdapat papan loncat yang bertingkat yang bisa dicoba satu-satu. Tak lupa juga kolam renang ini dilengkapi dengan bagian khusus untuk anak-anak dan dewasa. Hal lain yangmembuat tempat wisata ini menarik adalah adanya berbagai macam bunga yang ditanam di taman yang luas. Bunga-bunga tersebut ditanam dalam petak-petak. Setiap petak ditanami satu jenis bunga dan pastinya bunga tersebut berwarna seragam. Penataan yang sungguh indah dan sedap dipandang mata.

Pemandangan lain yang tak kalah menariknya adalah adanya patung kepala singa dan dinosaurus. Patung kepala singa sebagai lambang arema dibuat sangat besar dan dan memiliki terowongan sehingga kita bisa masuk kedalamnya seolah-olah ditelan singa. Sedangkan patung dinosaurusnya dilengkapi dengan air mancur yang airnya menyemprot tepat di tenggorokan patung tersebut.

Masih seputar wisata air, disamping kolam renang disini juga terdapat kano dan bebek air. Untuk menikmati permainan ini anda diharuskan membayar Rp. 15.000,- per 15 menit. Tapi bus bila mengajak anak kecil naik bebek air atau kano anda har us berhati-hati. Pernah penulis menyaksikan seorang anak kecil yang terjatuh di kolam dan terpaksa ayahnya menceburkan diri untuk menolong anak tersebut. Sempitnya terowongan yang menghubungkan dua buah kolam yang ada adalah penyebabnya. Sehingga banyak kano atau bebek air yang berdesakdesakan dan bertabrakan disitu.

Tak puas disitu saja diareal parkir mobil terdapat pasar. Ada empat jenis barang yang diperjualbelikan disini. Pertama adalah pasar bunga. Pasar bunga ini menjual berbagai jenis bunga baik bunga lokal maupun bunga dari daerah lain. Dari kaktus sampai bonsai. Semua bunga lengkap dijual disini dari bunga yangharganya murah sampai yang mahal.

Pasar yang kedua menjual berbagai oleh oleh. Ada krupuk tahu, keripik tempe, apel, jeruk, kesemek. Tinggal anda pilih tergantung selera dan kantong Anda. Jenis barang ketiga adalah sayuran. Berbagai jenis sayur khas pegunungan seperti wortel, sawi, kol, bayam dijual disini dan masih seger-seger. Dan jenis barang terakhir adalah berbagai macam bakso tapi tetep saja bakso malang namun lain-lain penjualnya. Selain itu ada berbagai jenis sate seperti sate kelinci dan sate kambing serta sate ayam.

Nah sungguh menarik bukan. Jika anda belum kesana, suatu saat perlu diagendakan dalam tempat tujuan wisata selanjutnya. Selamat berwisata Go Green!  


Tidak ada komentar: