Senin, Juni 15, 2009

Hari Yang Aneh!

Aku masih ingat hari itu adalah hari minggu. Tepatnya pas tanggal tua dan keluargaku sedang pulang kampung. Kebiasaan kalo hari minggu memang biasanya aku bangun agak siang dan hari itu anehnya aku bangun pagi banget. Ah mumpung gak ada keluarga aku ke gereja ikut jadwal pagi pikirku. Kebetulan gerejaku ada jadwal misa jam 06.00 pagi. Jadi jam 06.00 kurang dikit aku naek motor ke gereja. Dan inilah keanehan yang terjadi pada hari tersebut.
Pertama, tidak seperti biasanya aku dapat tempat duduk di bangku belakang. Tujuanku ke gereja pagi biasanya tidak begitu banyak yang ikut misa. Eh, ini malah penuh jadi deh duduk di belakang. Dan seperti yang sudah aku duga sepanjang misa itu aku harus menahan napas karena bau got di deretan paling belakang bangku gereja karena saluran got melintas dengan manis di belakangku. Walaupun sudah ditutup tapi baunya masih sedhep.

Anehnya lagi tidak biasanya kipas angin dihidupkan apalagi dalam sepagi dan sedingin itu. Dingin yang menusuk tulang sewaktu naik motor bertambah dengan angin dari kipas angin yang berputar-putar diatas kepalaku. Masih untung kipasnya berputar gak fokus ke arahku aja. Jadi gak terlalu dingin sekali.Tidak apa pikirku. Inilah pengorbanan anak-anak Allah untuk Tuhan yang telah mengorbankan nyawa-Nya demi umat-Nya. 

Keanehan kedua terjadi sepulang aku dari gereja. Di depan kantor sebuah perusahaan telekomunikasi di jalan Ahmad Yani tiba-tiba aku mendengar suara plek plek plek...Aku berhenti dan menepi pasti ban motorku kena paku nih. Anehnya sewaktu kulihat bannya tidak kempes. Kuputuskan untuk melanjutkan perjalanan karena lampu sudah hijau lagi. Eh baru saja berbelok ke jalan yang lain aku merasakan ada yang aneh di motorku. Benar saja ban motorku kempes. Kubuka dompetku masih ada uang 20-ribuan. Cukup pikirku kalo hanya sekedar untuk menambal ban paling-paling 5ribu rupiah. Terpaksa deh pagi-pagi masuk bengkel nambalin ban.
 Kejutan berikutnya setelah menunggu sekian lama adalah bocornya bukan cuma satu tapi ada tiga karena pakunya sudah nekuk-nekuk. Yah... terpaksa ganti ban dech. Paling-paling 20 ribuan cukup untuk ban baru yang tidak terkenal merknya maklum tanggal tua nih. Setelah diganti bannya oleh montir tiba giliran membayar tagihan. Aku langsung ke kasir. Waktu aku nanya habis berapa. Ternyata 30 ribu, ban baru plus ongkos nembel ban yang pertama. Uang di dompet tinggal 20 ribu terpaksa dech ninggal ktp, nyari atm dan mbayar kekurangannya.

Dengan perut laper dan cuaca panas terpaksa aku nyari sarapan. Aku pengin makan berat nih soalnya dah laper banget. Setelah keliling-keliling dapetnya cuman bubur ayam. Semua warung makanan berat belum buka. Yah terpaksalah cuman makan bubur. Benar-benar hari yang aneh. Siangnya aku mencari makanan lagi, favoritku adalah warung tengah sawah dengan lalapan wader dan udang plus es tomat. Wah seger banget bayanginnya apalagi di siang yang panas dengan nasi yang masih kebul-kebul. Dan sangat kebetulan ketika sampai disana warungnya tutup. Padahal biasanya setiap hari buka. Nasib pikirku...Jadilah siang itu aku makan nasi padang.

Tiba di rumah sekitar jam dua siang. Aku dapet ide untuk nyuci piring n gelas kotor sisa semalem maklum gak ada isteri di rumah. Baru aja kubuka krannya tiba-tiba krannya lepas dan air pamnya memancar deras sekali. Baju n celana basah dan dapur penuh dengan air sebelum akhirnya kran air di dekat meteran aku matiin. Fuihhhh.... Langsung kutelepon PDAM karena kran airnya patah, airnya masih keluar dan meski disumpal dengan plastik maupun kain masih jebol terus dan keluar airnya. Jam stengah empat sore petugas PDAM baru dateng. Aku jelasin masalahnya dan tiba-tiba tanpa babibu dia langsung ganti kran air di depan. Walaupun airnya memancar deras sekali dengan berbasah-basah petugas tadi berhasil mengatasi air yang mengalir deras. Singkat kata aku beli kran baru n dipasang petugasnya. Beres pikirku paling-paling tinggal ngasih uang rokok buat bapaknya. Sambil ngobrol kukeluarkan uang 30 ribu buat bapaknya kasian udah basah celannya dan betulin kran. Anehnya dia gak mau, katanya biaya resminya 200 ribuan untuk ganti kran meter. Langsung aja aku berargumen kalo aku gak nyuruh ganti kran meteran komplainku cuman ganti kran dapur. Setelah berdebat panjang akhirnya kukeluarkan trik terakhir uang di dompetku semua ada 50 ribu. Akhirnya petugasnya mau menerima. Huhhhh ada aja cuman masang kran air kok mahal banget ya. Setelah petugasnya pergi aku cuman bisa delek-delek (=bengong n rada gak ikhas) mikirin apa yang terjadi. 

Malam harinya aku putusin gak keluar rumah, makan roti n bikin mie goreng sendiri di rumah. Untung gas nya untuk masak mie gorengnya gak habis juga. Disamping dompet dah kosong, aku khawatir ada lagi kejadian aneh yang menimpaku. Benar-benar hari yang aneh walaupun di akhir episode tidak muncul uya kuya yang biasa ngerjain orang di salah satu acara TV.
Cukuplah kesulitan di hari ini, semoga menjadi ujian untuk naik ke level kesabaran yang lebih tinggi. Amin.



Tidak ada komentar: